
Gambar 1. Edukasi Digital Marketing & Pembuatan E commerce UMKM
Klaten, 12 Agustus 2024 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro telah melaksanakan program kerja monodisiplin yaitu pengenalan digital marketing dan pembuatan e-commerce untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Tarubasan. Program ini dilakukan oleh salah satu anggota Tim dengan prodi Manajemen yang berfokus pada peminatan Marketing. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 29 Juli 2024 dan melibatkan beberapa pelaku UMKM setempat.
Dalam rangka meningkatkan ekonomi desa melalui sektor UMKM, mahasiswa KKN Undip berinisiatif untuk memperkenalkan konsep digital marketing dan pembuatan e-commerce kepada para pelaku usaha di Desa Tarubasan. Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu pelaku UMKM di Desa Tarubasan yang masih minim pemahaman dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital.
Digitalisasi bisnis merupakan kebutuhan yang mendesak bagi UMKM agar dapat bertahan dan berkembang. Melalui digital marketing, UMKM dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, sementara e-commerce memungkinkan transaksi yang lebih mudah dan efisien. Program ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dasar serta keterampilan praktis kepada pelaku UMKM.
Mahasiswa KKN Undip menggunakan metode sosialisasi door to door, mengunjungi rumah dan tempat usaha pelaku UMKM satu per satu. Metode ini dipilih agar dapat memberikan penjelasan yang lebih personal dan mendetail kepada setiap pelaku usaha dengan menggunakan output leaflet dengan judul ”Apa itu Digital Marketing?” yang dibagikan kepada pelaku UMKM.. Selain itu, metode ini memungkinkan mahasiswa KKN untuk langsung melihat kondisi dan kebutuhan setiap UMKM, sehingga materi yang disampaikan dapat lebih relevan dan tepat sasaran.
Gambar 2.Contoh Leaflet Yang Digunakan
Sosialisasi pengenalan digital marketing dan ecommerce ini mendapatkan respons positif dari para pelaku UMKM di Desa Tarubasan.Beberapa pelaku usaha mulai mengenal dan belajar memanfaatkan teknologi digital dalam usaha mereka. Salah satu pelaku UMKM, pemilik usaha kain dan kebaya , mengungkapkan kegembiraannya, “Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN Undip. Sekarang saya sudah paham menggunakan ecommerce shopee.Dengan pengetahuan tentang digital marketing yang diberikan, saya merasa lebih siap untuk memasarkan produk saya secara online dan bersaing di pasar global.”
Gambar 3.Hasil Pembuatan Ecommerce Untuk UMKM
Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Tarubasan dapat lebih memahami pentingnya digitalisasi dalam usaha mereka dan mulai menerapkan digital marketing serta membuat e-commerce untuk mengembangkan usaha. Mahasiswa KKN Undip juga berharap bahwa program ini dapat berlanjut dan semakin banyak pelaku UMKM yang dapat merasakan manfaatnya.