Gambar 1. Pemaparan Website SAKURA dengan salah satu warga
Di era digitalisasi, pemerintah Indonesia tengah giat melakukan transformasi digital dalam pelayanan publik, termasuk di bidang administrasi kependudukan. Hal ini mendorong terciptanya sistem terintegrasi seperti SAKURA, yang bertujuan mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Namun, masih terdapat kesenjangan digital di beberapa daerah, terutama di wilayah pedesaan seperti Tarubasan, Klaten, dimana sebagian masyarakat belum terbiasa dengan layanan online.
Oleh karena itu, KKN Tim II Undip Desa Tarubasan merancang program monodisiplin mengenai “Pencerdasan Masyarakat mengenai Website SAKURA (Sistem Layanan Administrasi Kependudukan dalam Jaringan) di Desa Tarubasan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2024 dengan mendatangkan rumah-rumah warga Desa Tarubasan secara langsung.
Gambar 2. Leaflet mengenai informasi SAKURA
Dalam pelaksanaannya, mahasiswa memberikan pemahaman mengenai keberadaan dan manfaat website SAKURA, serta memberikan pemahaman tentang cara mengakses dan menggunakan fitur-fiturnya dengan memberikan leaflet kepada masyarakat. Hal ini dapat mendorong masyarakat dapat beralih dari layanan manual ke layanan online dalam mengurus administrasi kependudukan. Selain penyuluhan secara langsung ke rumah warga, mahasiswa juga membuat standing banner informasi mengenai website SAKURA yang diberikan kepada Balai Desa Tarubasan.

Gambar 3. Penyerahan standing banner SAKURA bagi Balai Desa Tarubasan
Masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini memberikan respon positif. Bu Denik, salah salah satu warga Desa Tarubasan menyatakan, "Informasinya sangat bermanfaat Mbak. Nanti saya sebarkan di grup WhatsApp biar yang lain tau soal websitenya" pada Kamis (25/07). Bu Santi sebagai salah satu Perangkat Desa Tarubasan juga mengatakan "Terima kasih Mbak Meila atas bantuannya, semoga masyarakat bisa menggunakan layanan SAKURA ini dengan baik".